Kamis, 06 Mei 2021

Langkah Paling Mudah Mencatat Jurnal Keuangan, 100 Persen Akurat

Setiap perusahaan pastinya memiliki jurnal keuangan yang berfungsi sebagai pemberi informasi tentang transaksi perusahaan sekaligus kondisi keuangan suatu perusahaan. Setidaknya, ada dua jenis jurnal yang sering dipakai dalam perusahaan yaitu jurnal umum dan jurnal khusus. Meski keduanya memiliki beberapa perbedaan, tetapi langkah langkah dalam pencatatan jurnal umum dan khusus memiliki kesamaan. Inilah beberapa langkah yang bisa diterapkan pada saat mencatat jurnal keuangan perusahaan. Sebelum lanjut jika Anda yang mempunyai bisnis online dan menggunakan jasa expedisi JNE sekarang bisa cek ongkir JNE melalui aplikasi bukuwarung.




Mengidentifikasi Transaksi


Masalah keuangan apalagi keuangan perusahaan sangatlah sensitif. Ketika ada kesalahan sedikit saja, keuangan perusahaan bisa menjadi berantakan. Itulah mengapa dibutuhkan akuntan handal yang bertugas mencatat jurnal keuangan baik jurnal umum maupun khusus. Langkah pertama yang mesti diperhatikan pada sat pencatatan jurnal adalah mengidentifikasi transaksi. Seorang akuntan haruslah jeli dimana kira kira transaksi akan dicatat, pada bagian debet atau kredit. Kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan fatal di akhir perhitungan.


Mengidentifikasi Saldo Transaksi


Setelah mampu mengidentifikasi jenis transaksi dan memasukkannya ke dalam jurnal, seorang akuntan juga harus mampu mengidentifikasi saldo dari transaksi tersebut. Biasanya, pada transaksi akan tertera saldo awal transaksi. Nantinya akuntan haruslah tahu bahwa saldo transaksi tersebut kira kira akan menambah saldo transaksi selanjutnya atau malah mengurangi saldo yang sudah ada. Dengan demikian, akuntan tak boleh salah dalam memahami saldo transaksi.


Memperhatikan Jumlah Nominal


Ketika akuntan ditugaskan untuk membuat jurnal keuangan perusahaan baik itu jurnal umum atau khusus, akuntan pastinya akan bertemu dengan nominal nominal yang jumlahnya fantastis, tak hanya seratus ribu atau satu juta saja, melainkan bisa ratusan juta sampai milyaran. Pastikan ketika akuntan menuliskan nominal uang, akuntan menuliskannya dengan benar. Jangan sampai kurang menulis 0 atau malah menambahkannya. Tentu saja penambahan atau pengurangan nominal akan berdampak pada total transaksi di akhir. Jadi, menjadi akuntan harus benar benar teliti dan tak boleh lengah.


Menganalisis Debit dan Kredit


Tugas akuntan dalam membuat jurnal keuangan perusahaan cukup panjang ternyata. Setelah jantung berpacu ketika menuliskan nominal transaksi, kini akuntan harus mampu menganalisa transaksi transaksi yang telah dimasukkannya pada debet dan kredit jurnal keuangan. Akuntan harus mampu memastikan bahwa jumlah transaksi antara debet dan kredit haruslah sama. Jika nanti, pada saat menganalisis, akuntan menemukan perbedaan, maka akuntan harus rela meneliti kembali jurnal keuangan yang sudah dibuat dari awal. Bahkan, jika ada salah, akuntan harus mau membetulkannya supaya transaksi keuangan perusahaan sesuai dan benar benar bisa dipertanggungjawabkan.


Penjelasan tentang langkah langkah pencatatan jurnal keuangan perusahaan di atas membuka mata Anda yang selama ini mungkin bertanya mengapa perusahaan hanya butuh akuntan yang handal untuk mengurusi jurnal keuangan. Mencatat keuangan perusahaan ke dalam jurnal bukan perkara yang mudah. Apabila terjadi kesalahan walau hanya sedikit, keuangan perusahaan bisa menjadi bermasalah. Maka dari itu dibutuhkan seorang akuntan yang jeli dan juga teliti. Tetapi, jika perusahaan Anda belum mampu membayar akuntan handal, Anda bisa menggunakan aplikasi buku warung untuk menyelesaikan pencatatan jurnal umum ataupun khusus. Aplikasi buku warung akan menjadi solusi untuk Anda dalam menghitung keuangan perusahaan yang jumlahnya tidak sedikit. Dijamin akurat jika data yang diberikan juga benar benar sesuai dengan realita. Semoga bermanfaat!


Deskripsi: jurnal keuangan baik umum maupun khusus memiliki langkah langkah pencatatan yang sama yang mana pencatatan tersebut butuh kejelian dan ketelitian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top