Rabu, 03 Februari 2021

Ban Mobil Benjol? Cek Penyebabnya Di Bawah Ini!

Ada banyak perawatan yang harus dilakukan setelah Anda memiliki mobil. Itulah sebabnya, saat Anda memutuskan untuk mengajukan kredit, bukan hanya pengeluaran untuk membayar cicilan mobil bekas Surabaya yang perlu Anda siapkan, tetapi juga biaya perawatan mobil.


Apalagi jika karena salah dalam perawatan menyebabkan Anda harus mengganti komponen mobil. Misalnya saja ketika ban mulai muncul benjolan, Anda tidak bisa melakukan perbaikan pada masalah ini kecuali dengan menggantinya. Padahal harga ban tidak murah sehingga Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. Agar tidak mengalaminya, ketahui penyebab munculnya benjolan agar bisa mencegahnya:


1.      Suspensi Keras atau Mati


Bagi pemilik mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan suspensi, yaitu komponen yang menjaga getaran saat melintasi jalan yang tidak mulus. Saat suspensi mati dan keras maka akan memicu terjadinya benjolan pada ban.


2.      Permukaan Ban yang Sering Terkena Benda Tajam


Secara tidak sadar, ketika berkendara baik di jalan raya ataupun jalan desa pasti ada saja beberapa benda tajam yang bertebaran. Contohnya adalah sekrup, paku dan beling. Benda tersebut tentunya sangat berbahaya bagi ban, menyebabkan terjadinya kebocoran.


3.      Pengisian Angin yang Terlalu Berlebih


Ban mobil tidak boleh terlalu kembung karena kebanyakan angin. Jika hal ini terjadi maka benjolan akan muncul di permukaan ban. Ada baiknya Anda mengikuti batas tekanan angin yang tertera pada buku manual. Jika seandainya Anda membawa muatan cukup berat, tekanan angin bisa disesuaikan tetapi jangan sampai berlebih.


4.      Kurang Angin


Berlebihan tidak boleh, maka kurang pun juga tidak boleh karena juga menjadi salah satu penyebab munculnya benjolan pada ban mobil. Ketika udara di dalam kurang, kemudian membentur benda keras maka dinding ban akan menekuk dan benang di sampingnya putus.


Hasilnya tidak ada penahan di sebelah kanan atau kiri sehingga  ketika diisi udara maka karet akan tertekan dan muncul sebuah benjolan. Nah kalau sudah seperti ini harus menggantinya ya.


Selain masalah di atas, munculnya benjolan juga bisa disebabkan karena usia pakai yang sudah terlalu lama sehingga kualitas ban mulai berkurang. Untuk masalah ini, maka jalan keluar terbaiknya adalah dengan segera menggantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top