Minggu, 20 Desember 2020

Mudah Mengoperasikan Dan Merawat Mobil Aki Anak, Begini Prosedurnya

Masa perkembangan anak adalah fase yang penting untuk penanaman karakter. Sebagai orang tua, mengajarkan karakter tersebut sangat penting agar anak tumbuh memiliki pribadi yang berani dan pede. Namun tetaplah diimbangi dengan penanaman karakter lain yang akan lebih menyempurnakan.  Mobil aki anak bisa menjadi solusi bagi orang tua untuk mengajarkan hal tersebut, tetapi tetap wajib dalam pengawasan orang tua. Bagaimanapun juga terkadang anak bisa saja bermain tanpa memperhatikan keselamatan.


Cara Menggunakan Mobil Aki Anak Agar Tidak Membahayakan


Sebelum mengajarkan cara mengunakan pada anak, Anda perlu mempelajari petunjuk pemakaian dengan jelas untuk mengoperasikan remote control dan lain sebagainya. Hal yang perlu diperhatikan, Anda jangan sampai membenturkan mobil-mobilan di benda yang keras karena bisa menyebabkan kerusakan mobil. Selain rusak, tampilan luar mobil juga akan tampak jelek. Anda juga perlu mengontrol daya aki mobil anak agar tidak kehabisan daya ketika ingin dimainkan anak. Sebagai orang tua perlu mengawasi anak dalam bermain agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, tetapi bukan berarti membuntuti setiap anak bermain. Hal ini justru bisa membuat mental anak terlalu mudah cemas sehingga tidak berani melangkah sendiri.


Cara Merawat Mobil Aki Anak Agar Awet


Memiliki mobil anak, tentunya juga harus memperhatikan hal-hal tertentu agar tahan lama. Pertama, di remote kontrol sebaiknya jangan menggunakan baterai alkaline. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan remote karena baterai alkaline umumya memiliki daya yang besar sehingga daya terlalu besar untuk remote mobil mainan anak. Kedua, untuk mobil aki anak yang menggunakan Electronic Power Steering sebaiknya diajarkan pada anak agar dioperasikan secara halus dan perlahan yaitu tidak terlalu dipaksakan. Ketiga, sebaiknya ketika secara tidak sengaja mobil menabrak benda keras segera lepas pedal supaya dinamo menghentikan putarannya. Jika tetap dibiarkan, bagian sistem relay bisa mengalami gangguan oleh komponen elektronik yang terbakar.


Keempat, untuk men-charge mobil, sebaiknya kondisi mati (off) karena jika menyala sama saja Anda membuang listrik secara percuma. Kelima, saat mobil selesai digunakan dan hendak di-Charge, sebaiknya tunggu sekitar 15-30 menit terlebih dahulu baru di cas. Hal ini karena sisa arus listrik yang bercampur dengan daya baru bisa menyebabkan kerusakan komponen listrik di dalam mesin mobil. Keenam, jika Anda mau mendiamkan mobil aki tanpa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya keluarkan baterai agar tidak terjadi korosi oleh aliran listrik yang tiada henti. Selain itu, Anda bisa membungkus mobil dengan Bubble Wrap yang rapat agar tidak terkena debu atau menjadi sarang binatang.


Ketujuh, Anda bisa menyimpan mobil anak di ruangan yang terhindar dari tikus karena tikus suka sekali membuat sarang apalagi jika tau ada kabel-kabel listrik di dalam mobil itu. Bisa-bisa, tikus akan menggerogoti sampai ke bagian dalam yag sulit dijangkau saat dilakukan pembersihan. Kedelapan, untuk menjaga tampilan mobil tetap bagus, Anda bisa rutin memoles dengan cat Duco atau cat asli supaya mobil masih tampak original.


Demikian tentang cara menggunakan dan cara merawat mobil aki anak agar sesuai prosedur dan awet. Bahkan kalaupun Anda membelikan mobl anak yang harganya mahal kalau tidak dijaga dengan baik ya tetap akan kalah dengan mobil anak yang harganya murah tapi rutin dirawat. Semua kunci awet adalah bagaimana Anda memperhatikan petunjuk perawatan dan petunjuk pengoperasian. Anda bisa mendapatkan mobil anak di Blibli.com dengan harga terjangkau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top